BREAKING NEWS

Wednesday, April 5, 2017

Yuk Ke Padang Ketemu Malin Kundang

Berbicara mengenai anak durhaka pastinya yang pertama ada dibenak kita adalah Malin Kundang. Ya, Malin Kundang memang terkenal sebagai cerita rakyat yang menceritakan kisah hidup seorang anak durhaka yang kemudian dikutuk menjadi batu oleh Ibu nya.

Cerita kisah hidup Malin Kundang ini memang sudah terkenal sejak dulu, bahkan sudah banyak diproduksi di buku-buku cerita bahkan pernah juga dikemas menjadi sebuah film yang menceritakan kisah hidup si anak durhaka ini.
Lalu dimanakah letak Batu Malin Kundang ini berada?
Batu Malin kundang ini sendiri berada di disalah satu pantai yang ada di Padang, Sumatera Barat. Pantai bersebut adalah pantai Aie Manih atau akrab disebut sebagai Pantai Air Manis yang menjadi salah satu objek wisata di Padang yang paling terkenal hingga saat ini. 

Tentu keberadaan Batu yang menjadi simbol anak durhaka ini ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Pantai Air Manis karena bentuknya yang memang menyerupai seorang laki-laki yang tengah bersujud atau tertelungkup menghadap tanah. 

Selain terkenal dengan batu Malin Kundang, pantai ini juga menawarkan pemandangan yang indah dengan Gunung Padang sebagai latarnya, serta gelombang yang aman untuk wisata pantai.

Pantai dengan pasir yang berwarna putih kecoklatan ini apabila air lautnya pasang naik, maka ombaknya akan menghempas batu tersebut dan bahkan dapat menutup Batu Malin Kundang ketika air laut pasang besar, maka batu-batu itu akan menyerupai dinding kapal yang sudah pecah, yang akan terlihat indah.

Tidak hanya itu, jika air laut sedang surut, Anda pun bisa berjalan sejenak ke Pulau Pisang. Pulau Pisang ini merupakan sebuah pulau kecil dengan luas sekitar 1 Hektar yang terletak tidak jauh dari tepian Pantai Air Manis. Perjalanan menuju pulau tersebut dapat ditempuh dengan berjalan kaki saja. Pulau ini dapat dijadikan sebagai tempat peristirahatan sementara sambil menyantap bekal makanan yang Anda bawa. Namun perlu diingat, Anda tidak bisa berlama-lama berada di Pulau Pisang ini karena beberapa jam kemudian air laut akan berangsur-angsur naik, sehingga Anda tidak dapat lagi kembali ke tepian Pantai. 

Seperti pantai-pantai lain, Pantai Air Manis juga bisa dijadikan tempat berselancar karena ombaknya yang cukup stabil. Kawasan Pantai Air Manis ini sering dijadikan para muda-mudi untuk tempat berkemah bersama. Untuk urusan perut Anda tidak perlu cemas karena disini sudah tersedia tempat-tempat penjual masakan khas Padang yang akan memanjakan lidah Anda.


Untuk menuju ke lokasi wisata legenda ini dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda empat atau juga roda dua. Karena jalurnya yang sempit, maka Anda diharuskan untuk berhati-hati, walaupun jalannya sudah diaspal, namun lebarnya masih cukup sempit yakni hanya berkisar 4 meter saja. Sangat disarankan agar kecepatan kendaraan Anda cukup 40 Km/jam, apalagi ketika cuaca sedang hujan.

Ada dua opsi yang bisa Anda pilih untuk berkunjung ke pantai Indah ini yakni pilihan pertama untuk menuju Pantai Air Manis ini Anda bisa melalui Jembatan Siti Nurbaya ini hanya bisa ditempuh dengan motor atau jalan kaki, sebab dari Bukit Padang menuju Pantai Air Manis belum bisa dilalui mobil.  Jembatan Siti Nurbaya ini sendiri merupakan salah satu ikon wisata di Kota Padang Sumatera Barat yang menghubungkan kota tua Padang dengan Taman Siti Nurbaya, tempat Siti Nurbaya dimakamkan jadi sebelum bertemu dengan Malin Kundang Anda bisa sejenak berjalan-jalan di Jembatan nan melegenda ini.

Cara kedua menuju Pantai Air Manis adalah dari jalan raya Teluk Bayur. Dari sini sudah ada jalur buat kendaraan roda empat menuju Pantai Air Manis. Masuk dari jalan di depan SMA 6 Padang, lalu Anda akan melewati jalan yang berkelok-kelok mendaki bukit, kemudian menurun lagi sebelum akhirnya sampai di Pantai Air Manis yang landai. Hati-hati membawa kendaraan karena jurang di pinggir kanan jalan yang sedikit curam.

Jika Anda ingin berlama-lama menikmati Pantai Air Manis ini, Anda tidak perlu khawatir untuk mencari tempat bermalam di sekitar kawasan wisata pantai, karena tersedia penginapan dengan harga yang terjangkau, karena sebagian besar penginapan tersebut dikelola oleh masyarakat sekitar. Untuk urusan makan, tersedia warung makan yang berada di sepanjang Pantai Air Manis. Selain itu beberapa fasilitas seperti tempat parkir, toko souvenir, toilet umum, persewaan papan selancar dan tempat ibadah juga sudah tersedia.

Namun jika Anda ingin menginap di tempat yang lebih nyaman tidak perlu pusing, Anda hanya perlu booking hotel murah di Reservasi.com karena tentunya banyak sekali pilihan Hotel murah di Padang yang bisa menjadi pilihan Anda untuk menikmati keindahan alam Sumatera Barat ini. Dan jangan lupakan oleh-oleh khas Padang seperti keripik balado dan rendang ya jika Anda berkunjung kesini. 

Share this:

Post a Comment

 
Back To Top
Copyright © 2014 mmy1.com. Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Templates